2/6/07

Rumah Tinggal di Senggotan

Desain rumah tinggal ini diminta oleh seorang teman. Saya sendiri kurang tahu apakah sudah dikerjakan atau belum/ tidak. Waktu itu tugas saya adalah merancang dan membuat gambar untuk pengajuan IMB. Kalau dilihat dari project delivery method, maka penyediaan gambar standar untuk IMB ini berada pada fase antara design develoment dengan detail engineering drawing
3d model rencana bangunan
Rumah ini menghadap ke timur dan memanjang arah utara-selatan. Beberapa prinsip passive design saya terapkan disini.
Untuk mengatasi panas berlebih, sisi bukaan pada sisi timur dioptimalkan dengan dilindungi sun shading. Selain itu tritisan dibuat lebar dengan teras sebagai buffer area untuk ruang tamu. Pemilik juga disarankan untuk menambahkan tanaman sebagai shading. Akses utama dari sisi timur bangunan menuju ke ruang tamu melalui teras. Akses kedua, yang ditujukan sebagai "pintu belakang" mepet ke arah selatan, diletakkan jauh dari pintu utama supaya tidak saling mengganggu. Bayangkan bila pembantu pulang dari pasar dengan membawa belanjaan harus melewati ruang tamu padahal pas ada yang berkunjung. Selain itu, di sisi timur bangunan dimanfaatkan sebagai kamar tidur sehingga penghuni dapat menikmati cahaya pagi dan akses sirkulasi udara yang menyehatkan.
Denah lantai 1 dan 2
Ruang tengah berfungsi sebagai pemersatu dan pusat kegiatan keluarga. Ruang servis semua diletakkan dalam satu area sehingga mempermudah penggunaan dan maintenance. Lantai 2 berfungsi sebagai tempat jemur pakaian.
Tampak timur bangunan rumah
Area teras
Tampak Atas
Data proyek
Nama pekerjaan: Rumah tinggal di Senggotan
Lokasi: Senggotan, Tirtonirmolo, Bantul
Pemilik: Bapak Djunarto
Posisi saya dalam pekerjaan: perancang (non lisensi)
Tahun: 2007

ars

No comments: