6/5/06

Tempat Cuci Mobil di Suryowijayan

Proyek kecil yang unik. Ruang ini tadinya adalah toko tanaman. Namun oleh pemilik dirubah menjadi tempat cuci kendaraan: mobil dan motor. Berlokasi sekitar 200 meter arah barat pojok beteng kulon, bangunan ini hampir "tidak memiliki tetangga". Sebelah barat berbatasan dengan sungai, sebelah utara berbatasan dengan pekuburan dan rumah pemilik (kebetulan pemilik usaha ini adalah juru kunci makam), sebelah timur berbatasan dengan gang kampung, dan sebelah selatan adalah Jalan Sugeng Jeroni.
PPSJ 40 Cuci Mobil dan Motor saat pembukaan hari pertama
Bangunan ini saya desain untuk terbuka dan sesederhana mungkin. Selain karena batasan budget, bangunan ini harus bersifat semi permanen untuk memenuhi persyaratan pembangunan. Faktor lain adalah tuntutan fleksibilitas yang tinggi karena lahan sempit dengan aktivitas yang berbeda. Saat itu aktivitas utamanya adalah cuci motor dan mobil. Namun tidak tertutup kemungkinan mengakomodasi aktivitas lain. Ketika merancang bangunan ini, saya masih kuliah dan minim pengalaman. Namun karena bangunan ini bangunan semi permanen dan sederhana maka saya berani mengerjakannya. Saya banyak melakukan dialog dengan tukang yang memiliki jam terbang lebih dari saya, namun dengan tetap berpegangan pada teori yang saya peroleh di kampus. Alhasil ini adalah desain saya sebagai perancang tanpa pendampingan arsitek dan lisensi :) 
Model 3d desain awal, membantu klien memahami bentuk bangunan secara utuh.
Model dibuat dengan software 3d studio max
Update: selang beberapa bulan dari pembukaan, tempat ini juga menerima cuci karpet. Update kedua: sejak tahun 2012-an, sewaktu saya studi di Amerika, bangunan ini berfungsi tidak hanya siang tetapi juga malam hari. Kalau siang untuk tempat cuci, sedangkan kalau malam tempat berjualan makanan: Bakmi dan Nasi goreng jawa. Dengan desain yang sederhana, low budget dan low maintenance, serta fleksibel, bangunan ini bertahan lebih dari 8 tahun, bahkan fungsi didalamnya berkembang secara optimal.
Denah awal bangunan
Site eksisting
Berikut adalah data proyek ini
Nama pekerjaan: Pembangunan tempat cuci mobil dan motor PPSJ 40
Lokasi: Jalan Sugeng Jeroni 40 Yogyakarta
Pemilik: Bapak Agus Sugotro
Posisi saya dalam proyek: Perancang (arsitek tanpa lisensi :))
Tahun: 2006

ars

No comments: