6/5/06

Pasar Ikan Higienis Giwangan

Pekerjaan Pembangunan Pasar Ikan Higienis Tahap II ini merupakan pekerjaan paling besar yang saya ikuti saat itu. Nilainya mencapai 4 M. Meski hanya sebagai drafter yang masuk dalam kontraktor, namun saya belajar banyak mengenai dialog antara konsultan perencana-kontraktor-konsultan pengawas-tim manajemen konstruksi-dan klien, dalam hal ini Dinas Perikanan dan Kelautan.

Pasar Ikan Higienis Giwangan
Perencanaan yang tidak sempurna menimbulkan masalah. Kadang hal ini diperparah dengan ketidakmauan suatu pihak untuk bekerjasama, cenderung saling menyalahkan, bahkan kadang ada yang berusaha "mengail di air keruh".
Di proyek ini, permasalahan dapat diselesaikan dengan baik. Salah satu yang "berkesan" bagi saya adalah konstruksi parit, yang kalau dibangun sesuai gambar, akan "menabrak" bangunan (kalau tidak salah gudang pendingin). Akhirnya konsultan perencana merevisi gambar dan kontraktor, dengan disetujui konsultan pengawas, mengajukan CCO.
Rangka Atap dengan Baja
Pemasangan alat masak
Interior ruangan beserta akuarium
Pemasangan AC

Interior Bangunan Utama
Saya belajar banyak, terutama mengenai detail bangunan, karena menurut saya bangunan ini termasuk rumit. Mulai dari struktur yang belum pernah saya gunakan, rangka atap baja dengan bentang sekitar 20 meter, sampai peralatan mekanikal elektrikal, seperti ducting pendingin, dan Instalasi Pengolahan Air Limbah.

Pembangunan Kolam Ikan
Pembangunan kolam ikan

Berikut adalah data pekerjaan ini
Nama pekerjaan: Pembangunan Pasar Ikan Higienis Giwangan Tahap II
Lokasi: Giwangan, Umbulharjo, Yogyakarta
Pemilik: Dinas Perikanan dan Kelautan DIY
Perusahaan (Kontraktor): PT Panca Pandawa Prasetya
Posisi saya dalam proyek: drafter asbuilt drawing
Tahun: 2006


ars

No comments: