4/24/18

Pemanasan global itu nyata

Ya. Pemanasan global atau global warming itu nyata. Dalam buku Al Gore: An Inconvenient Truth yang dipublikasikan lebih dari 10 tahun yang lalu (dilengkapi dengan movie companion) dipaparkan kondisi lingkungan saat itu, mulai dari gunung es yang meleleh sampai kekeringan di padang gurun, mulai dari perubahan tren siklus ulat-burung sampai anomali cuaca. Buku ini juga memuat "ramalan" tentang apa yang akan terjadi seandainya manusia cuek terhadap lingkungan. 

Sepuluh tahun kemudian, An Inconvenient Sequel (seperti buku pertama, ada pula movie companionnya) terbit untuk memperlihatkan "hasil ramalan" yang diperlihatkan di buku pertama. Banjir yang menggenangi area WTC di New York City adalah salahsatu hasil ramalan yang, sayangnya, terbukti. Pun demikian, penulis memaparkan hal-hal positif yang melebihi perkiraan di buku pertama, salahsatunya adalah penggunaan sumber energi terbarukan.

Entah percaya atau tidak pada isu pemanasan global, bagaimanapun juga manusia memiliki tanggungjawab untuk menjaga lingkungan. Oleh karena itu, sekecil apapun usahanya, mari kita mulai, dari diri kita sendiri, keluarga - lingkungan tempat kita berada.


No comments: