1/2/08

Signage Jurusan Teknik Sipil dan Perencanaan UGM

Saya menggunakan kombinasi gambar 2d dan 3d untuk menghasilkan video animasi yang berguna untuk menjelaskan kepada klien mengenai bentuk bangunan. Desain tugu (atau lebih tepatnya signage) sudah ada, hasil diskusi antara klien, Jurusan Teknik Sipil dan Lingkungan dengan perusahaan tempat saya bekerja, PB Daya Makmur. Animasi video dan model 3d dapat mempermudah untuk mengkomunikasikan desain. Dialog antar pihak terbantu dengan kemampuan software 3d dalam menampilkan material dan pencahayaan yang lebih realistis. Waktu itu, perkembangan teknologi di bidang model 3dimensi belum semaju sekarang.
Signage Jurusan Teknik Sipil dan Perencanaan UGM,  perencanaan
Gambar di atas merupakan still image perancangan signage. Gambar di bawah adalah hasil akhir pekerjaan. Belum se-realistis gambar model 3-dimensi seandainya dibuat sekarang, namun saat itu sudah cukup untuk menggaet klien ;)
Lokasi eksisting sebelum dibangun
Penggalian pondasi
Pondasi signage
Penambahan tulangan penguat pada pasangan bata
Signage Jurusan Teknik Sipil dan Perencanaan UGM, 100% selesai
Dalam pekerjaan ini pula saya belajar menjadi quantity surveyor, sekaligus kadang turun ke lapangan untuk mendampingi pekerjaan konstruksi. Banyak pelajaran yang saya dapatkan diluar ilmu Arsitektur, terutama tentang pelaksanaan konstruksi.

Nama pekerjaan: Pembangunan Tugu Jurusan Teknik Sipil dan Lingkungan FT UGM
Lokasi: Jalan Grafika No 2 Yogyakarta
Pemilik: Jurusan Teknik Sipil dan Lingkungan FT UGM
Perusahaan (Kontraktor): PB Daya Makmur
Posisi saya dalam proyek: drafter, quantity surveyor, 3d artist
Tahun: 2007

ars


No comments: