6/6/10

Gereja Santo Martinus Bangunharjo

Berawal dari Tugas Akhir S1 saya mengenai inkulturasi antara kebudayaan Jawa dengan gereja katolik, saya mendesain Gereja Santo Martinus Bangunharjo. Sebenarnya, gereja yang saya gunakan untuk tugas akhir adalah Gereja Hati Kudus Yesus, yang berlokasi di jalan Bantul, karena merupakan pusat Paroki Pugeran. Namun gempa bumi yang melanda Yogyakarta, Bantul, dan sekitarnya membuat Gereja Santo Martinus Bangunharjo hancur. Gereja yang merupakan gereja stasi di Paroki Pugeran ini terletak di Jalan Imogiri Barat. Daerah Imogiri sendiri merupakan salahsatu daerah yang menderita kerusakan paling parah akibat gempa 27 Mei 2006. Setelah melalui proses konsultasi, baik ke pemerintah Bantul maupun ke keuskupan agung Semarang, maka perancangan gereja ini dimulai di tahun 2008.

Perspektif eksterior Gereja Santo Martinus Bangunharjo
Dalam proyek ini, saya berperan hampir sebagai one-man-army dalam proses perancangan. Saya mengikuti proses building assessment, rapat dengan panitia, dialog dengan umat, Romo, dan pihak Keuskupan Agung Semarang dan Pemerintah Bantul. Saya juga sempat bertemu dengan kontraktor yang mengerjakan bangunan ini meski saya tidak terlibat sama sekali pada saat pelaksanaan.
Saya melakukan presentasi di hadapan Bapak Gendut Sudarto, sekda Bantul-saat itu mewakili Bupati Bantul, Bapak Idham Samawi. Presentasi ini dilakukan di lokasi pembangunan.
Proyek ini sempat terhambat masalah dana dan sistem pembangunan. Saya saat itu menyarankan untuk dibangun secara swakelola, namun akhirnya Panitia memutuskan untuk dilelang. Meski demikian, akhirnya lelang batal dan dikerjakan oleh kontraktor atau pelaksana yang ditunjuk panitia. Desain saya juga dirubah oleh pelaksana sehingga ada bagian disana-sini yang tidak sesuai dengan konsep awal. Proyek ini akhirnya selesai pada tahun 2010.

Aerial view rencana Gereja Santo Martinus Bangunharjo

Beberapa perubahan dapat terlihat dari model 3d rencana dengan kondisi terbangun, misalnya desain area pintu masuk gereja, ketinggian bangunan, dan kemiringan atap.

Gereja Santo Martinus Bangunharjo, perspektif dari depan-Jalan Imogiri Barat
Judul pekerjaan: Renovasi Gereja Santo Martinus Bangunharjo
Lokasi: Jalan Imogiri Barat Km. 7, Sewon, Bantul
Pemilik: PGPM Keuskupan Agung Semarang
Posisi saya di proyek: Arsitek (no lisensi 10786 072 400)
Tahun: 2008 - 2010


ars





No comments: