6/11/07

Perbaikan Komponen Bangunan di Jurusan Teknik Sipil dan Lingkungan

Pemeliharaan bangunan diperlukan untuk menjaga fungsi bangunan agar dapat senantiasa mendukung aktivitas manusia. Sebaik apapun konstruksi sebuah bangunan, pada suatu saat diperlukan pemeliharaan, mulai dari pengecekan sampai perbaikan. Dalam proyek berikut, saya menjadi bagian dari pelaksana pekerjaan perbaikan beberapa gedung di Jurusan Teknik Sipil dan Lingkungan UGM.

Perbaikan plafon, kondisi eksisting
Perbaikan plafon adalah bagian dari pemeliharaan rutin. Bagian yang rusak biasanya disebabkan oleh bocornya talang. Bocornya talang menyebabkan air merembes ke bawah dan merusak struktur penggantung plafon, dalam hal ini menggunakan material kayu. Kayu yang lapuk tidak kuat menahan plafon. Perbaikan yang dilakukan meliputi penggantian rangka, pemasangan plafon, dan pengecatan.

Pekerjaan perbaikan plafon

Hasil akhir pekerjaan perbaikan plafon
Penggantian komponen atap dilakukan pada bangunan penjaga parkir karena atap sudah rusak terlalu parah. Selain itu, secara arsitektural, penggantian material atap, meski tanpa merubah bentuk atap akan berpengaruh pada penampilan bangunan.
Penggantian atap bangunan penjaga parkir
Hasil final penggantian atap bangunan penjaga parkir dan pengecatan
Pembuatan sumur resapan penting untuk menjaga ketersediaan air lingkungan. Selain itu, sumur resapan juga akan mengurangi genangan dan mempercepat meresapnya air saat hujan terjadi. Sumur resapan juga tidak mengganggu fungsi yang ada di atasnya. Dalam proyek ini, sumur resapan diletakkan pada area taman dan jalan sirkulasi.
Lokasi tempat sumur resapan akan dibuat
Proses pembuatan sumur resapan
Sumur resapan setelah ditutup kembali.

Talang sebelum diperbaiki
Proses perbaikan talang

Talang setelah diperbaiki

Nama pekerjaan: Perbaikan Gedung dan Fasilitas JTSL FT UGM
Lokasi: Jalan Grafika No 2 Yogyakarta
Pemilik pekerjaan: Jurusan Teknik Sipil dan Lingkungan FT UGM
Perusahaan: CV Dian Patria Indah
Posisi saya dalam proyek: tim pelaksana
Tahun: 2007

ars

No comments: