10/1/05

Talud Kali Winongo Suryowijayan dan Gedongkiwo

Talud yang sudah selesai
Survey lokasi
Proyek ini adalah pekerjaan pertama saya dibidang konstruksi. Saya menjadi freelance drafter, namun sekaligus juga belajar dari kontraktor dan konsultan yang mengerjakan talud ini. Tugas saya hanya membuat asbuilt drawing. Pengalaman yang saya dapatkan ketika mengerjakan talud ini adalah: proses sosialisasi dengan warga setempat, cara konstruksi, cara kontrol kualitas, cara melakukan CCO (Change Contract Order)
karena ada perbedaan antara perencanaan dengan pelaksanaan, bangunan tepi sungai dan beberapa hal yang berkaitan dengan manajemen proyek, misalnya pembuatan time schedule dan asbuilt drawing.
Lokasi pembangunan talud.

Pekerjaan galian tanah
Persiapan menguras air, sebelum dilakukan konstruksi.
Pekerjaan ini dilakukan secara manual.
Pembuatan talud. Nampak rangka bambu yang digunakan sebagai acuan bentuk talud.
Persiapan "topping off" talud
Talud Sungai Winongo 100% selesai

Berikut adalah data yang bisa saya ingat dan saya kumpulkan.
Nama proyek : Talud Kali Winongo di
Lokasi : kampung Suryowijayan dan Gedongkiwo, Yogyakarta
Pemilik : Dinas Prasarana Kota Yogyakarta
Kontraktor : CV Adi Sugito
Posisi saya dalam proyek : drafter asbuilt drawing
Tahun : 2005

Sebagian dari asbuilt drawing yang saya buat
The Talud Worker

Dokumentasi yang saya miliki di proyek ini sangat minim. Selain karena keterbatasan perangkat, saat itu saya masih kuliah di semester 6. Baru selesai Kerja Praktek di semester 5 dan sibuk mempersiapkan Tugas Akhir. Namun banyak pelajaran yang saya petik dari proyek ini. It's worth it.

ars


No comments: